Selasa, 13 September 2011

resume manajemen umum


 Pada hari kamis tanggal 8 September 2011 saya mendapatkan mata kuliah manajemen umum. Di mata kuliah ini kami diajarkan bagaimana menjadi manajer sebuah organisasi yang baik dan benar. Mata kuliah ini diajarkan oleh bu yani. Beliau menjelaskan bahwa kami para mahasiswa system informasi juga harus tahu bagaimana cara memanajemen suatu organisasi. Pada pertama-tama kami diberi studi kasus tentang manejemen adam air dan pilotnya. Disitu dijelaskan ketidak singkronan tujuan antara pihak pilot dan pihak manajemen adam air. Pada salah satunya adalah pada suatu jadwal penerbangan satu armada pesawat adam air mengalmi kerusakan dalam system navigasinya, lalu pilot menyatakan tidak akan terbang selama alat navigasi itu tidak di perbaiki. Pilot dalam hal ini benar karena menyangkut keselamatan penumpang, jika tidak di perbaiki kita akan seperti bejalan tanpa melihat dan itu adalah hal yang sangat berbahaya dalam dunia penerbangan. Dan satu lagi contoh kasus dalam adam air. Seharusnya dalam suatu penerbangan jika pesawat sudah landing dan parker di bandara, pesawat sangat tidak dianjurkan untuk langsung terbang kembali karena menunggu mesin pesawat dingin dan pemeriksaan pesawat. Tapi dalam hal ini pihak manejemen adam air meniadakannya dan langsung disambung dengan jadwal penerbangan selanjutnya. Pihak adam air berkelit, hal ini untuk menekan biaya operasional dan menaikan keuntungan mereka tanpa melihat keselamatan jiwa penumpang. Dalam hal ini saya   berpendapat, bahwa manajemen Adam Air tidak baik dan layak, sangat teledor dalam memanage suatu rencana. Karna selalu mengejar waktu dan pendapatan tanpa memperdulikan keselamatan penumpang yang lainnya. Dan hanya ingin uang dari penumpang tetapi tidak memikirkan untuk kedepannya
     
2.  Jelaskan yang dimaksud dengan organisasi ?
  •         Suatu perkumpuln yang terdiri dari 2 orang atau lebih yang memiliki tujuan dan rencana, serta dapat bekerjasama dalam cara terstruktural untuk mencapai tujuan.

       3.  Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen ?
  •          Fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang di rencanakan.
  4.      Jelaskan yang dimaksud dengan manajer ?
  •           Seorang yang mampu bertanggung jawab memimpin bawahannya, dan dapat mengatur rencana kedepannya dengan baik dan memiliki perilaku disiplin dalam setiap hal.

            5.Jelaskan kenapa manajemen penting 
            ·         Karna dikelolah bersama untuk mencapai suatu tujuan organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar